Semarang, (SMAIT HBS) – SMAIT Harapan Bunda menyelenggarakan Asesmen Bakat dan Minat (AMB) di ruang laboratorium Komputer SMAIT Harapan Bunda Semarang, Selasa, 21 November 2023 (21/11/2023). Acara ini diikuti oleh 28 siswa kelas XII. Pelaksanaan ABM dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama diikuti 17 siswa dan sesi yang kedua diikuti oleh 11 siswa.
Kepala SMAIT Harapan Bunda Semarang, Ali Mustofa L.c., M.Pd. menyoroti pentingnya ABM karena dalam “Salah satu inti dari Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran yang berbasis pada siswa. Hal itu bermakna keseluruhan proses pendidikan hendaknya berpusat pada siswa. Untuk memahami kebutuhan dan potensi siswa, sangat penting untuk terlebih dahulu mengetahui bakat dan minat mereka. Ketika sekolah ini akan menyertakan siswanya dalam Asesmen Bakat Minat yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Beliau kemudian menjelaskan bahwa Asesmen Bakat Minat adalah tes yang mengukur potensi setiap peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu. Potensi yang dimaksud berkaitan dengan bidang pendidikan maupun pekerjaan. “Kita menginginkan sekolah, orang tua dan siswa sendiri benar-benar memahami bakat dan minatnya, sehingga pendidikan yang dilaluinya sesuai dengan bakat dan minat tersebut, dan hal itu akan berkaitan dengan bagaimana mereka menyiapkan masa depan mereka. Imbuh beliau.
Koordinator Bidang Kurikulum SMA IT Harapan Bunda, Ryan Hidayat Saputra, M.Pd., menjelaskan secara teknis pelaksanaan Asesmen Bakat Minat. “Sekolah kita telah menyiapkan diri setelah mendapatkan informasi dari Dinas Pendidikan. Kita mengambil waktu periode ketiga tanggal 21 November 2023, dan tanggal tersebut kita juga telah melaksanakan sosialisasi dan simulasi.” Berkaitan persiapan dan pelaksanaan, Ryan menjelaskan bahwa oleh karena ABM 2023 dilaksanakan dengan tes berbasis komputer secara online (CBT online) maka sekolah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung serta tim kecil pelaksana kegiatan. ABM 2023 di SMAIT HBS dilakukan dalam satu hari dua sesi. Hal itu berkaitan dengan ketersediaan ruangan dan komputer.
Memperhatikan Juknis Asesmen Bakat Minat 2023, Asesmen Bakat Minat 2023 dipilah menjadi dua macam tes yakni tes bakat dan tes minat. Tes bakat terdiri atas 140 butir soal harus dikerjakan maksimal 120 menit. Terdapat 7 subtes dalam asesmen bakat, yakni verbal, kuantitatif, penalaran, figural, mekanikal, penggunaan bahasa, dan klerikal. Selanjutnya, tes minat tersaji dengan 108 butir soal yang harus dikerjakan paling lama 30 menit. Tes ini setidaknya terbagi menjadi 3 aspek, yakni minat dasar, minat metodis, dan minat praktis.
Asesmen Bakat Minat (ABM) kelas 12 merupakan program Kemdikbudristek. Pelaksanaan ABM melibatkan Balai Pengujian Pendidikan Badan Standar, Kurikuum, dan Asesmen Pendidikan. Tujuan Asesmen Bakat Minat (ABM) adalah mengumpulkan informasi tentang potensi murid di bidang-bidang tertentu berdasarkan sejumlah aspek yang terukur. Informasi tadi akan disampaikan kepada murid, sekolah, dan orang tua/wali sehingga bisa menjadi petunjuk untuk pengembangan diri peserta didik. Dengan adanya petunjuk yang jelas, proses pengembangan diri setiap peserta didik akan lebih terarah dan terencana. Hasil Asesmen Bakat dan Minat dapat membantu peserta didik saat akan memilih jenjang pendidikan yang lebih tinggi (semisal kuliah) atau mengembangkan potensi di lingkungan dan situasi baru.
Dimintai komentarnya tentang keikutsertaan dalam Asesmen Bakat Minat, salah seorang siswa, Muhammad Azwir Hafizh mengatakan bahwa ia mendapatkan pengalaman baru berkaitan dengan model tes minat yang diikuti. “Model tes minat kali ini berbeda dengan yang kami kenal selama ini seru dan lebih sulit”. Barangkali karena memang bukan dimaksudkan untuk mengetes kemampuan akademik siswa.” Siswa kelas XII IPS ini juga menyatakan tes bakat maupun minat ini akan membantu siswa menentukan pilihan ke perguruan tinggi. Alasannya, selama ini banyak siswa yang tidak memahami atau belum menyadari bakat dan minat mereka yang sebenarnya. Dengan mengetahui hasil tes ini, siswa akan terbantu menentukan pilihan jurusan di jenjang pendidikan selanjutnya.
== dhy ==